PROJECT REVIEW LAINNYA :
 
 
PROJECT REVIEW
 
2020-11-12 16:28:25
Proyek Smelter Nikel di Palu
PROJECT REVIEW kali ini tentang peluang bisnis Proyek Mining di Proyek Smelter Nikel di Palu.

PT Trinitan Metals & Minerals Tbk (PURE) baru saja melaksanakan peletakan batu pertama atau ground breaking proyek smelter nikel di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

Proses pembangunan smelter ini diperkirakan memakan waktu kurang lebih selama satu tahun hingga tahun 2021 mendatang.


GROUND BREAKING

Usai proses ground breaking, PURE akan melakukan land clearing yang dilanjutkan dengan pemindahan alat-alat yang berada di Polewali Mandar menuju KEK Palu.

Secara paralel, PURE melakukan studi kelayakan dengan dua perusahaan asal Jepang yang prosesnya akan rampung di bulan Maret 2021. Setelah itu, perusahaan tersebut akan melakukan Detailed Engineer Design (DED).


TECH STAL

PURE juga akan memindahkan pilot plant teknologi Hidrometalurgi Step Temperature Acid Leach (STAL) dari kawasan Cileungsi, Jawa Barat menuju KEK Palu. Kemudian, aktivitas dilanjutkan dengan pembangunan beberapa mini plant di mulut tambang yang hasilnya berupa konsentrat dan akan diproses lebih lanjut di fasilitas main plant di KEK Palu dengan kapasitas hingga 5.000 ton nikel murni.

Trinitan Metals & Minerals mengatakan, lantaran proyek smelter yang digarap PURE berteknologi STAL, maka biaya investasi yang dibutuhkan cenderung lebih murah dibandingkan smelter berteknologi High Pressure Acid Leach (HPAL) yang lazim di Indonesia.

Proyek smelter nikel di KEK Palu yang menggunakan teknologi STAL hanya akan menelan biaya investasi sekitar 70%--80% dibandingkan dengan investasi di smelter HPAL (umumnya mencapai US$ 2 Milyar).

Dalam investasi STAL ini PURE sendiri bekerja sama dengan PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) untuk menggarap proyek smelter tersebut.

BPST turut berkontribusi dengan menyediakan lahan seluas 200 hektar di KEK Palu beserta peralatan untuk pembangunan smelter.

Proyek smelter ini ditarget bisa rampung pada tahun depan.

Nantinya, smelter ini dapat menghasilkan produk nikel 99,96% atau setara LME Grade serta produk nikel sulfat (NiSO4) dan kobalt sulfat (CoSO4).

Demikianlah PROJECT REVIEW kali ini.

Informasi terlengkap tender proyek, daftar pemenang tender, dan daftar proyek yang akan datang, dapat dilihat dengan menjadi member.

Cakupannya adalah semua info Tender Proyek SKK Migas dan Pertamina, Tambang, Power Plant dan PLN, Infrastruktur PUPR dan Property, serta proyek Telekomunikasi, Agro, Manufaktur, Bandara & Pelabuhan, Finansial, Geothermal, Petrochemical, dsb.

Segera mendaftar dan dapatkan manfaatnya di www.tender-indonesia.com
 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com