PROJECT REVIEW LAINNYA :
 
 
PROJECT REVIEW
 
2020-10-03 19:01:53
Proyek Saka Energi
PROJECT REVIEW kali ini tentang peluang bisnis Proyek Oil and Gas di Proyek Saka Energi.

Kami sampaikan, kini info semua Tender Proyek SKK Migas dan Pertamina, Tambang, Power Plant dan PLN, Infrastruktur PUPR dan Property, serta Telekomunikasi, Agriculture, Manufacture, Multiproject, Air Transportation, Marine Transportation, Financial, Geothermal dapat diakses lengkap di www.tender-indonesia.com

PT Saka Energi Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), berkomitmen dalam mempercepat pengembangan Lapangan Sidayu yang berlokasi sekitar 7 km dari lapangan utama Blok Pangkah di Ujung Pangkah, Jawa Timur. Proyek Sidayu ditargetkan mulai produksi pada 2021.

SAKA melakukan percepatan waktu pelaksanaan pekerjaan proyek dari 17 bulan menjadi 12 bulan, dengan target first oil Lapangan Sidayu adalah di pertengahan 2021.

Percepatan penyelesaian proyek, dilakukan dengan penyederhanaan desain kedua anjungan tanpa mengurangi standar funsional dan kualitas anjungan tersebut. Kedua anjungan ini juga cukup identik, sehingga dapat mempercepat dalam proses order material, peralatan, fabrikasi, dan sebagainya.

Desain anjungan ini digarap oleh tim Saka, mulai dari design struktur, detail anjungan, rekayasa, dan fasilitas di dalamnya. Desain tersebut telah disesuaikan dengan kondisi dan kapasitas produksi di Lapangan Sidayu, sehingga dinilai paling optimum dan tepat dengan kondisi di lapangan.

Komitmen efisiensi Capex (capital expenditure/belanja modal) dan Opex (operational expenditure/belanja operasional) serta mempercayakan proyek migas ini ke sumber daya manusia domestik terbaik perusahaan merupakan bentuk nyata dalam mencari peluang dan menghadapi tantangan di era pandemi saat ini.

Sesuai dengan rencana pengembangan (Plan of Development/ POD) yang disetujui, pengembangan Lapangan Sidayu terdiri dari pembangunan dua anjungan, yaitu Well-Head Platform C (WHP C) dan Well-Head Platform D (WHP D), pipa produksi dan pipa lifting gas.

Fabrikasi kedua anjungan yang dilakukan di Cilegon ini sudah mencapai progres 78% dengan rencana sail away pada November 2020. Selanjutnya, instalasi anjungan ditargetkan selesai pada Desember 2020.

Kegiatan berikutnya adalah pengeboran tiga sumur, yaitu dua sumur re-entry dan satu sumur pengembangan baru. Salah satu hal paling kritikal dalam proses instalasi adalah heavy lift saat pemasangan jacket platform dengan berat lebih dari 200 ton dan topside platform dengan berat lebih dari 500 ton.

Proses ini memerlukan kapal pengangkat atau crane ship. Dengan segala tantangannya, berharap dapat merampungkan proses ini tepat waktu, yakni Desember 2020.

Proses kajian dan pekerjaan di lapangan juga dioptimalisasi agar bisa lebih cepat. Untuk itu, telah berkoordinasi dengan kontraktor, termasuk kontraktor paket rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, and construction/EPC).

SAKA juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat proses kontruksi secara intensif agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan komitmen dan target waktu yang telah ditetapkan. Adapun proses percepatan di lapangan, mulai dari kajian ulang teknis, detail rekasaya, hingga proses fabrikasi.

Demikianlah PROJECT REVIEW kali ini, semoga dapat memberikan wawasan informasi peluang bisnis bagi anda. Informasi lengkap terkait tender proyek, daftar pemenang tender proyek, dan daftar proyek yang akan datang dapat dilihat selengkapnya dengan menjadi member di www.tender-indonesia.com

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com