PROJECT REVIEW LAINNYA :
 
 
PROJECT REVIEW
 
2020-09-16 15:13:43
Kemenhub Fokus 3 Proyek Pelabuhan
PROJECT REVIEW kali ini tentang peluang bisnis Proyek Infrastruktur di Kemenhub Fokus 3 Proyek Pelabuhan.

Kami sampaikan, kini info semua Tender Proyek SKK Migas dan Pertamina, Tambang, Power Plant dan PLN, Infrastruktur PUPR dan Property, serta Telekomunikasi, Agriculture, Manufacture, Multiproject, Air Transportation, Marine Transportation, Financial, Geothermal dapat diakses lengkap di www.tender-indonesia.com

Fokus menyelesaikan 3 pelabuhan pada tahun ini, yakni Pelabuhan Patimban (Subang, Jawa Barat), Pelabuhan Kijing (Kalimantan Barat), dan Terminal Gilimas (Lombok, Nusa Tenggara Barat).

Pengerjaan Pelabuhan Patimban tahap I diharapkan selesai pada Oktober 2020 untuk kemudian diadakan soft launching pengoperasiannya pada November 2020.

Menurut Menhub, beberapa pekerjaan saat ini masih dalam proses yang harus segera difinalisasi seperti ramp on/ramp off dari jalan akses, penetapan alur pelayaran dan perairan pandu, pemilihan operator, dan sejumlah hal lainnya.

Diharapkan semuanya dapat selesai tepat waktu.

Terkait dengan dukungan aksesibilitas, nantinya Pelabuhan Patimban akan dilengkapi dengan akses jalan tol dan jalur kereta api.

Dengan adanya kemudahan akses dan fasilitas ini diharapkan ke depan akan dapat menjadikan kawasan Pelabuhan Patimban ini menjadi kawasan logistik yang sangat besar.

Pembangunan Pelabuhan Patimban dilaksanakan dalam tiga tahap.

Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani peti kemas 3,75 juta twenty foot equivalent units (TEUs).

Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat men- jadi 5,5 juta TEUs

Dan pada tahap ketiga akan meningkat kembali hingga 7 juta TEUs.

Secara umum, Pelabuhan Patimban akan melayani jenis muatan peti kemas dan kendaraan bermotor (car terminal) yang diangkut menggunakan kapal-kapal berukuran besar.

Car terminal ini nantinya memiliki kapasitas tampung hingga 600.000 kendaraan per tahun pada kondisi ultimate. Dengan adanya car terminal di Pelabuhan Patimban ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas khususnya untuk ekspor-impor produk kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pemerintah bersama PT Pelindo II juga membangun Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat.

Pelabuhan ini termasuk dalam proyek strategis nasional yang nantinya diharapkan mampu mendorong perekonomian daerah sekitar maupun secara nasional.

Kijing Hingga semester I -2020, pembangunan Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat sudah mencapai lebih dari 55%. Pelindo II memastikan pem- bangunan Terminal Kijing terus berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan diha- rapkan bisa selesai pada kuartal keempat tahun ini.

Pekerjaan itu meliputi pembangunan dermaga, trestle (jalan penghubung antara area darat dan terminal), pengerasan tanah area darat, pembangunan gedung kantor, serta bangunan pendu- kung lainnya di pelabuhan.

Pelindo II mengatakan, hingga semester I- 2020, pembangunan Terminal Kijing sudah menyerap dana investasi sebesar Rp 2,37 triliun.

Adapun biaya pembangunan Terminal Kijing tahap pertama dianggarkan sebesar sebesar Rp 5 triliun.

Selain itu, pemerintah dan PT Pelindo III sedang menuntaskan Terminal Gilimas di Lombok dalam rangka mendukung industri pariwisata di wilayah tersebut.

Demikianlah PROJECT REVIEW kali ini, semoga dapat memberikan wawasan informasi peluang bisnis bagi anda. Informasi lengkap terkait tender proyek, daftar pemenang tender proyek, dan daftar proyek yang akan datang dapat dilihat selengkapnya dengan menjadi member di www.tender-indonesia.com
 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com