OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2021-01-14
BPPT Dukung Industri Otomotif Nasional
Pemerintah terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), beserta infrastruktur pendukungnya. Pemerintah juga akan memasukkan kendaraan listrik berbasis baterai ke dalam e-catalogue.  

Ini adalah momen penting untuk bisa merealisasikan apa yang saya selalu tekankan dalam setiap webinar maupun pertemuan lainnya yakni pentingnya Tripelhelix  dalam membangun ekosistem inovasi, kata  Menteri Riset Teknologi/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro saat kunjungan ke kunjungan ke PT Mobil  Anak Bangsa (MAB), Jawa Tengah.

Bersama Menteri Ristek/Kepala BRIN, Deputi TIRBR BPPT Wahyu Widodo Pandoe beserta Kepala Balai Besar Tekologi Konservasi Energi (B2TKE) BPPT Barman Tambunan juga berkesempatan melakukan kunjungan tersebut.

Prioritas Riset Nasional melalui BRIN diharapkan dapat menguasai riset dari awal hingga akhir melalui Triple Helix seperti perguruan tinggi dan lembaga penelitian serta industri tidak hanya berhenti pada desain dan prototipe tapi juga berhasil mengkomersialisasikan produk kendaraan listrik ini.

Sementara, Founder PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Moeldoko juga berharap kerjasama ini dapat meningkatkan TKDN hingga 20%, dan menjadikan murni karya anak bangsa mulai dari riset, desain sampai kepada produk yang terkomersialisasi.

BPPT dalam hal ini pun mendorong Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL). Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa kehadiran KBL saat ini telah mengubah tren gaya hidup masyarakat tanah air, diucapkannya pada kegiatan lain.

BPPT pun kini telah dipercaya untuk menjalankan Flagship mengacu pada Prioritas Riset Nasional (PRN) khususnya terkait Fast Charging Station, merupakan bagian dari Flagship Penyimpanan Energi dan ChargingStation untuk 5 tahun ke depan, yakni periode 2020-2024.

BPPT dengan tujuh perannya mendorong agar bisa diterapkan KLBB. Alih teknologi menurutnya akan memliki peran yang sangat signifikan selain mengurangi ketergantungan juga mendorong industri otomotif nasional agar dapat menciptakan mobil sendiri, tuturnya.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com