OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2021-03-08
Pesawat Udara Nir Awak
Sebagai institusi pemerintah yang berfokus pada bidang kaji terap teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pun turut ambil bagian dalam mensukseskan cita-cita pemerintah.

Inovasi dalam bidang pertahanan ini dihadirkan melalui pengembangan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau Drone, tipe Medium Altitude Long Endurance (MALE) atau disebut PUNA MALE.

Wahana yang diyakini mampu terbang tanpa henti selama 24 jam ini memiliki pengendalian multiple UAV secara bersamaan (simultan).

Konsep operasi MALE ini tentu saja memungkinkan untuk melakukan pengawasan dalam menjaga kedaulatan NKRI, baik di wilayah darat maupun laut melalui pantauan udara.

Penjagaan ini diyakini pula sangat efisien dan mampu meminimalisir risiko kehilangan jiwa karena dioperasikan tanpa pilot. Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa PUNA MALE merupakan inovasi karya anak bangsa. Pesawat Tanpa Awak MALE ini hasil rancang bangun, rekayasa dan produksi anak bangsa.

Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang P.S. Brodjonegoro menamai PUNA MALE ini dengan nama Elang Hitam (Black Hawk).

Terkait Performance PUNA tipe MALE :
Operational Radius :  250 km (LOS)
Ceiling :  7200 m
Endurance  :  up to 30 hours

Aircraft Dimension
Length  :  8.30 m
Wing Span :  16 m

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com