OTHERS CSR :
 
  \
CSR


2021-03-05
Pertamina Kembangkan Literasi Melalui Pembuatan Tempe
Pertamina RU V Balikpapan mendukung program literasi di Kota Balikpapan, salah satunya bekerja sama dengan Taman Baca An-Nisaa di Kelurahan Klandasan Ilir. Hal itu disampaikan oleh Pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) An-Nisaa Roelyta Aminuddin. Kali ini kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan pembuatan tempe.

Roelyta menyampaikan bahwa pada tahun 2019 ada beberapa kegiatan yang dilakukan dengan dukungan dari Pertamina yaitu pembuatan mural, pengadaan pos baca serta beberapa bentuk dukungan lainnya terhadap sosialisasi 6 dasar literasi. Menurutnya literasi itu tidak hanya baca tulis.

"Sebenarnya ada 6 jenis literasi dasar yaitu baca tulis, numerasi, financial, sains, digital, dan budaya. Melalui pelatihan pembuatan tempe ini, kami mencoba mengajarkan hal tersebut kepada ibu-ibu di sekitar taman baca," ujarnya.

Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 12 orang dari warga sekitar TBM itu, menghadirkan narasumber Lasmini Nurjannah dari pengusaha tempe merek HB. Roelyta mencoba mengajak peserta memahami berbagai literasi.

"Dalam proses pembuatan tempe yang pertama adalah literasi baca tulis karena dalam pelatihan pembuatan tempe peserta secara otomatis diminta membaca cara pembuatan tempe," ujarnya.

Selanjutnya literasi numerasi melalui ketelitian angka, pengukuran takaran serta waktu fermentasi pembuatan tempe. Artinya pembuatan tempe harus terukur, mulai dari ukuran bahan yang digunakan, perbandingan ragi dan kedelai yang digunakan, serta berapa lama proses kedelai menjadi tempe.

Literasi ketiga adalah literasi financial. Output-nya agar masyarakat bisa membuat sendiri tempe. "Hemat bahan pangan untuk konsumsi sendiri, dan bisa dijual meningkatkan pendapatan," ucap Roelyta.

Literasi keempat adalah literasi sains mengenai bagaimana fermentasi serta proses kedelai menjadi tempe. Untuk literasi digital mereka diajarkan cara mempromosikan melalalui media sosial. Dan literasi terakhir menurutnya adalah literasi budaya dimana tempe adalah produk asli Indonesia yang sudah mendunia.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan, program literasi merupakan salah satu bentuk dukungan Pertamina dalam meningkatkan sumber daya manusia di wilayah operasional perusahaan.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com