LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Marine transportation
  Pertamina realisasikan pengadaan 6 kapal tanker baru
Marine transportation
  Populasi kapal offshore simpang siur
Info tender
  152 tender proyek
Infrastructure
  Perbaiki 118 ruas jalan
Land transportation
  Kereta api Kalimantan harus dibangun tahun depan
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Tue, 19/10/2010
Tujuh investor asing minati investasi kakao
Agriculture

Direktur Jenderal Agro dan Kimia Kementerian Perindustrian Benny Wachjudi mengatakan ada tujuh investor asing yang berminat berinvestasi di industri kakao. Ketujuh perusahaan itu adalah ADM Cocoa dari Singapura, Guanchong Cocoa dari Malaysia, Olam International dari Singapura, Cargill dari Belanda, Mars dari Amerika, Armajaro dari Inggris, dan Ferrero dari Italia.                  

Rencana investasi perusahaan itu, diakui Benny, belum disebutkan dalam perjanjian hitam di atas putih. Tapi beberapa investor sudah melakukan pertemuan dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal.  "Beberapa baru menyampaikan keinginan melalui surat-menyurat," katanya.               

Menurut Benny, investor tersebut menunggu kepastian dilanjutkan atau tidaknya peraturan bea keluar atas ekspor biji kakao, yang telah efektif per April lalu. Kalau sudah jelas, investasi akan langsung direalisasi.  Pemerintah berencana mengarahkan investor asing ke lokasi-lokasi yang akan dikembangkan sebagai cluster industri kakao, seperti daerah Gowa, Sulawesi Selatan.             

Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Kakao Indonesia Sindra Wijaya juga mengatakan, sejak bea keluar kakao diterapkan, investor semakin tertarik menanamkan investasi di Indonesia.  Tiga investor asing, yakni ADM Cocoa, Guan Chong, dan Olam International, berencana membangun pabrik pengolahan kakao dengan kapasitas masing-masing 50 ribu ton.  Nilai investasi ketiga perusahaan itu US$ 300 juta. Guan Chong akan membangun pabrik di Batam, sedangkan Olam dan ADM akan mendirikan pabrik di Sulawesi.          

Pengembangan industri hilir kakao menjadi salah satu prioritas utama Kementerian Perindustrian selain minyak sawit mentah dan karet.  Indonesia saat ini merupakan produsen kakao terbesar ketiga di dunia dengan total produksi tahun lalu mencapai 803 ribu ton atau 15 persen dari total produksi dunia.             

Selama ini biji kakao Indonesia lebih banyak diekspor dan diolah di negara lain. Berdasarkan data dari UN Comtrade, ekspor kakao ke Singapura pada Januari-Juli 2010 mencapai 9,87 persen dari keseluruhan kakao yang diekspor.  Nilai ekspor kakao pada periode tersebut sebesar US$ 977 juta.           

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender- indonesia.com.    
 
NEWS SEKTOR AGRICULTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (16-04-2014) : 522
JUDUL TENDER (16-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com