LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Infrastructure
  Pembiayaan infrastruktur capai Rp 59,5 Triliun
Electricity
  Proyek pembangkit PLN agar gunakan komponen lokal
Properti
  Sarinah kembangkan apartemen dan mal mewah di Thamrin mulai 2015
Technology (Members Tender Indonesia)
  Work-over & well services
Properti
  Metland bangun hotel Horison di Seminyak
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Fri, 24/09/2010
Lahan sawit di Kalteng diperluas
Agriculture


(Sumatera Utara) Gabungan Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyambut baik langkah Pemprov Kalteng yang mengeluarkan 1,4 juta hektare (ha) lahan dari tata ruang hutan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit.                

Joefli J. Bahroeni. Ketua Umum Gapki Pusat, menilai langkah Pemprov Kalteng itu sangat positif, sehingga ada kepastian berusaha bagi pengusaha kelapa sawit nasional.          

"Hal tersebut (pengeluaran 1,4 juta ha area hutan) merupakan usulan pengusaha anggota Gapki sejak lama yang akhirnya di respons pemerintah," ujarnya.          

Pemerintah mengeluarkan PP No. 10 Tahun 2010 mengenai Tata Cara Perubahan dan Fungsi Kawasan, yang memberatkan para pengusaha perkebunan kelapa sawit untuk membuka perkebunan baru di Indonesia.        

Menurut Gapki, PP tersebut mengganggu dan menghalagi rencana pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia.  Gapki, kata Joefli, sedang mengajukan judicial riview terhadap PP tersebut.  Namun, sebelum ada keputusan judicial review tersebut,  Menhut bersama Gubernur Kalteng sudah mengeluarkan 1,4 juta ha yang disebut kawasan hutan menjadi area perkebunan kelapa sawit.         
 
Menurut dia, perkembangan perkebunan kelapa sawit di Kalteng itu semestinya diikuti oleh daerah lain karena masa depan ekonomi Indonesia diklaim berada pada perkebunan komoditas tersebut.       

Gapki mengungkapkan terdapat sekitar 2 juta ha lagi lahan di sejumlah lokasi di seluruh Indonesia yang mestinya dikeluarkan dari kawasan hutan arena sudah ada hak guna usaha (HGU) dan izin peruntukannya dari pemerintah.    

"Bagaimanapun pemerintah harus mendukung langkah pengusaha kelapa sawit untuk menjadikan minyak sawit mentah sebagai primadona ekonomi nasional.   Sementara itu,  Ketua Gapki Cabang Sumut Balaman Tarigan menegaskan ekonomi Indonesia sangat bergantung pada kondisi dan keadaan perkebunan kelapa sawit.      

Gapki menilai Vietnam, Laos, dan Kamboja akan menjadi basis pengembangan karet alam.  Adapun dalam komoditas kakao, Indonesia sudah kalah jauh dari Pantai Gading,  termasuk produk teh dan tembakau.        

Demikian juga kopi, paparnya,  sudah tidak bisa diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja.        

"Jadi tumpuan ekonomi Indonesia berada pada perkebunan kelapa sawit.  Untung masih ada kelapa sawit, walaupun kurang mendapatkan dukungan dari pemerintah," klaim Joefli.       
 
NEWS SEKTOR AGRICULTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (24-04-2014) : 365
JUDUL TENDER (24-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com