LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Air transportation
  24 Investor minati 10 bandara
Agriculture
  CPO Lampung tembus 6 negara
Infrastructure
  Renovasi taman Suropati menelan setengah Miliaran
Infrastructure
  Jakarta siap bangun 6 tol dalam kota Rp 40 Triliun
Electricity
  PLN tetap gandeng investor China bangun 2 PLTU
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Tue, 31/08/2010
Geotermal Baturraden akan dilelang
Geothermal

(Jawa Tengah) Proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi akan memasuki babak baru.  Bulan depan, pemerintah berencana melelang pekerjaan proyek tersebut.   "Jika berhasil, diharapkan awal tahun depan sudah mulai dieksplorasi," tutur Junaidi, Kepala Bidang Geologi Dinas Sumber Daya Mineral Banyumas.         

Menurut dia, proyek tersebut nanti akan melibatkan tiga wilayah, yakni Kabupaten Banyumas, Brebes, dan Tegal.  Dia berharap, dalam agenda itu, banyak peserta mengikuti lelang agar harga yang ditawarkan bisa kompetitif.        

Meski proyek itu akan dilelang, kata Junaidi, prioritas pertama akan diberikan kepada PT Trinergi karena perusahaan itulah yang pada awalnya melakukan kajian ilmiah terhadap kandungan gas bumi di lereng Gunung Slamet.       

Pembangkit listrik panas bumi atau geotermal memanfaatkan potensi tenaga panas bumi menjadi energi listrik.  Di kawasan Baturraden, pemerintah akan membangun dua turbin, dengan kapasitas masing-masing 110 megawatt sehingga total investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 8,8 triliun.         

Nantinya, setelah panas bumi eksplorasi, kata Junaidi, akan segera dibentuk konsorsium pendanaan, yang melibatkan pemerintah daerah.  Sayangnya, belum lama ini pemerintah Tegal mengundurkan diri dari konsorsium.  Padahal,  ujar dia, dari investor akan diberi saham hibah 5 persen.  "Kemungkinan akan diberikan kepada provinsi melalui BUMD-nya," kata dia.        

Pemerintah Banyumas akan melakukan negosiasi kepada investor agar sumur produksi dan power plan bisa dibangun di Banyumas.  Kedua item itu bisa menyumbang pendapatan asli daerah dari sektor pajak,  Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Banyumas Anton Adi Wahyono menambahkan,  pembangkit listrik panas bumi Baturraden termasuk salah satu proyek percepatann pembangunan listrik 10 ribu megawatt.  "Kami terget pembangkit ini bisa berproduksi pada 2014," kata dia.             

Menurut dia,  selain PLTP Baturraden,  pembangkit lainnya direncanakan di Dieng, Guci, dan Ungaran.  "Total di Jawa Tengah nanti akan menghasilkan 3.097 megawatt," kata Anton.  Proyek percepatan itu tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2010,  yang mengatur daftar proyek percepatan pembangkit listrik terbarukan, yang dikenal ramah lingkungan.           
 
NEWS SEKTOR GEOTHERMAL LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (17-04-2014) : 540
JUDUL TENDER (17-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com