LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Mining
  Garap tambang emas di Papua
Oil & gas
  Chevron Pacific Indonesia sewa rig ancora resources
Infokom
  Implementasi WiMax terlalu lamban
Agriculture
  RNI rogoh kocek Rp 1,5 Triliun bangun pabrik gula baru
Infrastructure
  Tender ulang dua proyek tol kelar
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Tue, 10/08/2010
Navigat bidik 3 proyek listrik tenaga sampah
Electricity


PT Navigat Organic Energy Indonesia membidik tiga proyek pembangunan dan pengelolaan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) tahun ini. Total investasi ketiga proyek tersebut sekitar US$ 126 juta.

Direktur Utama Navigat Agus N. Santoso mengungkapkan pihaknya tengah mengikuti tender untuk pembangunan PLTSa di tiga tempat pembuangan akhir (TPA). Adapun, ketiga TPA yang dimaksudkan adalah TPA Benowo yang berlokasi di Surabaya, TPA Gedebage di Bandung, dan TPA Terjun Medan.

"Kalau yang di Surabaya dan Bandung pengumuman pemenang tender sekitar September atau Oktober 2010. Sementara yang Medan waktu pastinya lupa. Target pengerjaan ketiganya diharapkan bisa mulai jalan tahun ini," ujar Agus.

Menurut rencana, PLTSa Benowo akan memiliki kapasitas listrik 12 megawatt (MW), Gedebage sekitar 14 MW-16 MW, dan Terjun kapasitasnya antara 12 MW-14 MW. Pembangunan ketiga PLTSa tersebut nantinya dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai pada 2012.

"Kami tidak hanya mengerjakan pembangunannya, tapi juga kami bertindak selaku pengelolaannya. Sistemnya kami kontrak dengan pemda setempat. Durasi kontraknya minimal 15-20 tahun. Sebab kalau hanya kontrak jangka pendek kami rugi," jelas Agus.

Lebih lanjut, dia menjelaskan biaya yang dibutuhkan untuk membangun PLTSa per megawatt sekitar US$ 2,5 juta - US$ 3 juta. Artinya, pada tiga proyek tersebut investasinya bisa mencapai US$ 126 juta.

"Sumber pendanaan untuk pembangunannya 30% berasal dari modal perusahaan, sedangkan 70% berasal dari pinjaman bank."

Selama ini, Navigat sudah membangun dua PLTSa yakni PLTSa Suwung Denpasar Bali dan PLTSa Bantar Gebang Bekasi. PLTSa Suwung menjadi proyek pertama Navigat.

Agus menjelaskan pembangunan PLTSa Suwung dimulai 2007. Pembangkit tersebut ditargetkan selesai pada 2012 dengan kapasitas total 9,6 MW dengan investasi mencapai US$ 30 juta.
 
NEWS SEKTOR ELECTRICITY LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (24-04-2014) : 74
JUDUL TENDER (24-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com