LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Keuangan
  Jatim butuh investasi Rp 135 Triliun
Marine transportation
  Pertamina tambah kapal pengangkut BBM
Oil & gas
  Dana pembangunan jaringan gas Rp 250 Miliar
Marine transportation
  DPR dukung pembelian kapal selam
Land transportation
  DKI ajukan PMP Rp 1,8 Triliun untuk PT MRT
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Wed, 28/07/2010
Jepang bantu proyek tanggul lahar
Infrastructure


Pemerintah Jepang membantu pembangunan fasilitas pengendali banjir lahar dari aktivitas Gunung Merapi di DI Yogyakarta. Proyek infrastruktur dengan ukuran layak secara teknis, ekonomi dan sosial itu bertujuan untuk mengurangi risiko bencana meletusnya Gunung Merapi.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Moch Amron mengungkapkan, kerja sama penanganan banjir lahar Gunung Merapi itu melibatkan Universitas Kyoto Jepang, Universitas Gadjah Mada, Kementerian PU, serta masyarakat di sekitar lokasi Gunung Merapi.

Pada tahap awal kerja sama, ungkap Amron, dilakukan di tiga lokasi sebagai pilot project, yaitu Desa Kemiren (Magelang), Desa Kepuharjo, dan Desa Sindumaratani di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. "Agar infrastruktur yang terbangun terpelihara dengan baik, maka dilibatkanlah masyarakat setempat," kata dia.

Menurut Amron, pemberdayaan masyarakat sekitar diupayakan sepraktis mungkin, atau mudah dipahami dan dipraktikkan di lapangan. Langkah ini diawali dengan pembentukan lembaga kemasyarakatan di tingkat desa, dengan kegiatan menyusun pedoman kerja pengurangan risiko bencana dan mengelola pemanfaatan material pasca letusan secara berkesinambungan.

Adapun pendekatan yang dipakai, kata dia, mengadopsi metode Yonmenkigi dari Jepang yang mengedepankan tata budaya masyarakat setempat. Namun, metode ini mengalami beberapa kali modifikasi. Kebersihan pemberdayaan terletak dari seringnya praktik dan menularkan pengetahuan yang ada kepada generasi berikutnya.
 
NEWS SEKTOR INFRASTRUCTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (25-04-2014) : 300
JUDUL TENDER (25-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com