LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Air transportation
  PTDI Kantongi Proyek 100 Unit Pesawat N-219
Land transportation
  Perbaikan jalur KA ditargetkan rampung H-10
Marine transportation
  Bahana TCW biayai proyek pelabuhan di Kaltim awal 2013
Infokom
  Telkom akan bangun 13 UKM Center
Oil & gas
  Pemprov Riau Harus Siap Ambil Blok Rokan
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Mon, 07/06/2010
AP II pangkas dana proyek Kualanamu
Infrastructure

Pembangunan bandar udara (bandara) Kualanamu, Medan, bakal berlarut-larut. Setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memangkas anggaran proyek ini hingga Rp 700 miliar, kini giliran PT Angkasa Pura (AP) II yang memotong bujet Rp 400 miliar untuk bandara ini.

Proyek bandara Kualanamu dibiayai dua pihak. Kemenhub akan memakai dana APBN Rp 4,3 triliun. Sementara, sampai akhir 2010, AP II mengalokasikan Rp 1,6 triliun. Ketika nanti beroperasi di 2011 atau 2012, investasi AP II akan mencapai Rp 2 triliun lebih.

Direktur Utama AP II Edie Haryoto menyebut, awalnya pada 2010 ini, AP II mengalokasikan Rp 700 miliar untuk menggarap land side bandara pengganti Bandara Polonia tersebut. Land side adalah proyek penggarapan bangunan dan fasilitas bandara. Sementara air side yang menjadi bagian pemerintah adalah pekerjaan landasan dan kebutuhan navigasi lainnya.

"Karena pemerintah menunda sejumlah anggaran untuk mengerjakan air side-nya, tahun ini, kami juga menunda (bujet) Rp 400 miliar. Itu semata untuk menyesuaikan dengan pekerjaan pemerintah," kata Edie.

Ia menjelaskan, Bandara Kualanamu didesain dapat menampung 8,5 juta penumpang per tahun. Sementara, saat ini, Bandara Polonia hanya berkapasitas 5 juta penumpang setahun.

Karena menunda anggaran Rp 400 miliar, kata Edie, AP II akan membangun fasilitas-fasilitas bangunan bandara tersebut sesuai kebutuhan atau tidak langsung untuk kapasitas 8,5 juta penumpang. "Contohnya, terminal kedatangan dan keberangkatan bandara akan dibangun sebagian dulu. Lalu peralatan seperti pendidikan ruangan, CCTV, toilet, dan sebagianya akan ditunda sesuai kapasitas," ujar Edie.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti S. Gumay mengaku telah menyelesaikan evaluasi pendanaan proyek Bandara Kualanamu. Hasilnya, bujet proyek Kualanamu. Hasilnya, bujet proyek Kualanamu bisa dihemat hingga sekitar Rp 700 miliar. "Kita bisa saving sampai Rp 700 milair dari pekerjaan runway," katanya.
 
NEWS SEKTOR INFRASTRUCTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (17-04-2014) : 540
JUDUL TENDER (17-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com