LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Land transportation
  Tahun ini tiga dari lima proyek PPP masih mandek
Infrastructure
  Tol Bocimi segera direalisasikan
Marine transportation
  PT PAL Indonesia mulai berbenah
Mining
  Gagal dapat BHP, Rajawali bidik tambang lain
Electricity
  Garap proyek KBN
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Fri, 07/05/2010
Sumsel bangun pusat perkantoran Rp 100 Miliar
Bisnis entertainment

(Palembang) Perusahaan Daerah Prodexim, badan usaha milik daerah (BUMD) Pemprov Sumatera Selatan, tahun ini akan membangun pusat perkantoran bertaraf internasional senilai Rp 100 miliar.

Dirut PD Prodexim Muhlis mengatakan pusat perkantoran itu akan disewakan kepada sejumlah perusahaan terutama yang bergerak di sektor perdagangan ekspor dan impor di wilayah Sumsel.

"Bisnis sewa ruang perkantoran cukup bagus di Kota Palembang. Untuk itu kami terjun di bisnis ini," katanya.

Untuk merealisasikan proyek itu, sambung dia, pihaknya akan menggandeng investor untuk proses pendanaan karena dana yang dibutuhkan setidaknya senilai Rp 100 miliar.

Dana itu akan digunakan untuk membangun perkantoran 12 lantai dan seluruh infrastrukturnya di Jalan Kapten Anwar Sastro, eks Asrama Prodexim.

"Segmen area perkantoran bertaraf internasional-nasional di Sumsel belum ada. Karena itu kami akan menggandeng perusahaan PMA/PMDN, termasuk perusahaan BUMN."

Dia menilai pembangunan pusat perkantoran itu akan memudahkan pihak asing karena pihaknya akan memberlakukan hak strata title yang memungkinkan pihak asing memiliki ruang perkantoran itu.

Dengan hak strata title itu, sambungnya, asing bisa ikut membeli bangunan kantor yang ditawarkan dan dibangun di atas lahan hak pakai milik PD Prodexim.

"Jadi bukan perusahaan lokal saja yang nanti bisa membeli atau menyewa area perkantoran asing juga diberi kesempatan sama."

Menurut dia, dari luas bangunan 6.000 meter persegi itu, 16% dialokasikan bangunan, sisanya convention hall, meeting room cafe, dan juga lahan parkir. "Seperti kelas apartemen mewah, namun untuk perkantoran."

Dia mengungkapkan saat ini hampir seluruh BUMN yang berkantor di Sumsel belum memiliki gedung kantor sendiri. Bahkan perusahaan sekelas PT Bukit Asam (BA), kantor pusatnya di Jakarta sementara aktivitasnya bisa dikatakan seluruhnya di Sumsel.

Terlebih bagi perusahaan asing, masih banyak yang sulit mendapatkan lokasi perkantoran di Palembang. Ini peluang besar yang akan kami bidik," terangnya.

Muhlis menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan melangsungkan proses tender dengan sistem build operate transfer (BOT). Dalam hal ini, katanya, Prodexim cukup menyediakan lahannya, sementara investor menyiapkan dana Rp 100 miliar.

"Ada empat yang sudah masuk, semuanya lokal. Nanti segera kami umumkan secara resmi," imbuhnya.

Dia mengungkapkan serah terima aset eks gedung lama Prodexim ke PD Prodexim sudah dilakukan, sehingga proses lain sudah bisa dipercepat dan dilakukan mulai 2010.

"Tahun ini kami ditargetkan setor Rp 400 juta laba ke PAD. Jadi semua harus jalan," terangnya.

Ruang lingkung usaha PD Prodexim, tutur dia, cukup bervariasi, dimulai dari trading, developer hingga ke pengelolaan usaha jasa.

"Dari total laba perusahaan, 40% murni harus masuk ke PAD."
 
NEWS SEKTOR BISNIS ENTERTAINMENT LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (19-04-2014) : 226
JUDUL TENDER (19-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com