LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Manufaktur
  Foxconn bangun pabrik Rp 47 T
Mining
  Ekspansi, ANTM menyiapkan dana Rp 6 Triliun
Oil & gas
  BP Migas 2013, produksi minyak hanya 910.000 Bph
Air transportation
  Kemenhub siap kembangkan bandara Cilacap
Electricity
  PLN bangun PLTU di 15 lokasi dari dana internal
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Fri, 09/04/2010
2 Kawasan pantura DKI direklamasi
Infrastructure

Dua kawasan di pantai utara Jakarta seluas 1.700 hektare akan segera direklamasi kawasan hunian dan komersial, menyusul makin tingginya pertumbuhan penduduk Jakarta setiap tahunnya.

Kedua areal itu adalah kawasan Ancol seluas 1.000 ha dan 700 ha lainnya di Kapuk Naga Indah yang merupakan perbatasan Jakarta dan Teluk Naga Tangerang.

Lebih lanjut, kedua kawasan itu akan menjadi proyek utama dalam program reklamasi di Jakarta selain kawasan pantura lainnya. "Saat ini penyusunan master plan pengembangan itu sedang dikaji," kata Gubernur DKI Fauzi Bowo.

Penyusunan master plan pantura akan disesuaikan dengan perda rencana tata ruang rencana wilayah (RTRW) DKI periode 2010-2030 dan Pepres No.54/2008 tentang Penataan Ruang Kawasan Jabodetabekpunjur.

Menurut Fauzi, sebelum pengembangan dilaksanakan, pihaknya minta dilakukan kajian terkait beberapa aspek a.l proyeksi pertumbuhan penduduk yang dapat ditampung, penyediaan sarana dan prasarananya seperti utilitas dan kualitas lingkungan di daerah tersebut serta rasio antara jumlah hunian dan komersial.

"Ini yang masih diperdebatkan karena beberapa ahli mengatakan kami harus bertolak dari panduan perencanaan RTRW sementara pihak lain mengatakan kami harus membuat proyeksi berapa kapasitas maksimum yang dapat ditampung sebelum dilakukan perencanaan. Hal itulah yang akan dikaji lebih dalam."

Selain mengkaji rencana pengembangan, Pemprov DKI juga masih menelaah sistem reklamaasi yang akan diterapkan. Apakah menerapkan sistem pengurukan tanah atau mengeringkan air laut? " Untuk pengadaan pasir pengurukan kemungkinan diambil dari Selat Sunda."

Gubernur menambahkan pengembangan kawasan itu juga akan menjadi wilayah untuk penambahan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Soalnya dari rencana reklamasi sekitar 1.700 ha sekitar 20% di antaranya atau 340 ha akan dikembangkan sebagai kawasan publik hijau.

Langkah itu dilakukan agar target ideal RTH Jakarta sebesar 30% dari total luas keseluruhan bisa terpenuhi. "Salah satu upayanya dengan penanaman mangrove di sepanjang pantai."

Untuk peningkatan kualitas kawasan nantinya, wilayah yang direklamasi akan disyaratkan oleh kondisi fisik dibangun sedemikian rupa agar dapat mengantisipasi peningkatan permukaan air laut yang diperkirakan bertambah setinggi 30 cm dalam 5 tahun ke depan.
 
NEWS SEKTOR INFRASTRUCTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (19-04-2014) : 226
JUDUL TENDER (19-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com