LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Oil & gas
  Pertamina ajukan akuisisi 51% PI blok Mahakam
Medical
  Rp 400 M, bangun pabrik baru
Oil & gas
  Sambut KTT APEC, Pertamina bangun 3 SPBG di Bali
Oil & gas
  Blok shale gas ditender November
Mining
  Pupuk Kaltim siapkan opsi obligasi
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Wed, 17/02/2010
Proyek PLTA Asahan III segera ditenderkan
Electricity

Pemerintah segera menenderkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III. Selama empat tahun terakhir, proyek ini terkendala akibat terkendala perizinan dari gubernur Sumatera Utara (Sumut).

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy Supriadi Priatna mengatakan, Sungai Asahan sangat potensial untuk PLTA. Sekarang sudah ada Asahan I dan II yang dibangun swasta China dan Indonesia.

"Asahan III rencananya akan dibangun Jepang dan sudah ditandatangani sejak 2005. Namun karena terkendala izin pemerintah daerah, proyek itu bertahun-tahun mangkrak," kata Dedy.

Rencana awal, kata Dedy, PLTA Asahan III akan dibangun dengan kapasitas 154 megawatt (MW). Adapun untuk konstruksi dibiayai oleh Jepang, dengan anggaran untuk desain saja sekitar USD 7,79 juta. "Kendalanya saat itu Gubernur Sumatera Utara tidak mau mengeluarkan izin lokasi kepada PLN sehingga PLN tidak bisa membangun," terangnya.

Namun kendala itu, Dedy mengatakan, sudah tertangani karena hasil musyawarah antara Gubernur Sumut dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akhirnya disepakati bahwa proyek PLTA Asahan III akan segera ditenderkan.

"Tender segera digelar, untuk mendapatkan nilai proyek yang terbaik karena ada suara-suara kalau swasta yang membangun tidak perlu mencapai USD 400 juta," kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan.

Menurutnya, jika dengan swasta bisa dibangun dengan biaya senilai USD 350 juta akan lebih bagus, sehingga PLN kemungkinan tidak mengambil dana yang disiapkan Japan Bank International Cooperation (JBIC) sebesar USD 420 juta. "Karena itu tender ini dilakukan lagi secara terbuka," ujar Dahlan.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa sebelumnya mengatakan, pembangunan PLTA Asahan III akan dilakukan oleh PLN. Pinjaman sebesar USD 420 juta yang dibiayai JBIC tersebut memiliki tingkat bunga rendah 0,7% selama 40 tahun.

Pemerintah memasukkan proyek PLTA Asahan III dalam proyek listrik 10.000 MW tahap II. PLN menargetkan, pembangunan proyek tersebut bisa dimulai pada awal 2011 mendatang dan selesai pada 2014.

Gubernur Sumut Syamsul Arifin sebelumnya mengatakan, pihaknya tidak pernah mempersulit PLN untuk mengerjakan proyek tersebut. Sebelumnya dikabarkan, lambatnya proses pembangunan proyek tersebut akibat dari tarik-menarik investor yang akan mengerjakan proyek ini. PLN bertahun ingin menggunakan jasa investor Jepang, sedangkan Pemerintah Provinsi Sumut menginginkan investor China yang menangani. Persoalannya, investor asal China sudah menyatakan minatnya membangun proyek PLTA Asahan III.

Investor asal China saat ini tengah membangun proyek PLTA Asahan I yang akan mengalirkan listrik swasta melalui PLTA Asahan I berkapasitas 2x90 megawatt (MW).
 
NEWS SEKTOR ELECTRICITY LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (17-04-2014) : 540
JUDUL TENDER (17-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com