LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Otomotif
  Proyek mobil murah dorong investasi US$ 500 Juta
Agriculture
  China bakal bangun pabrik di Dumai
Marine transportation
  Pelindo I tambah 2 kapal pandu cepat
Land transportation
  RI-Jepang uji kelayakan KA supercepat
Infrastructure
  Waskita Karya andalkan proyek negara
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Thu, 29/10/2009
PLTU Tanjung Batu maintenance tahunan
Electricity

(Kalimantan Timur) Awal November, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Batu, Embalut Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara genap beroperasi 1 tahun. Sesuai kontrak jual beli listrik (Power Purchase Agreement/PPA) antara PT PLN dan PT Cahaya Fajar Kaltim (CFK), PLTU mendapatkan jatah 'cuti tahunan'.

Pembangkit 2x25 megawatt (MW) ini telah mencatatkan sejarah baru di Kaltim dalam menekan krisis listrik. Betapa tidak, dengan beroperasinya PLTU, kebutuhan tambahan listrik di Kaltim telah terpenuhi sejak akhir Desember 2008 melalui interkoneksi Sistem Mahakam, yakni Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara.

Apalagi proyek yang dibangun PT CFK ini sudah beroperasi secara penuh. CFK merupakan perusahaan patungan PT Kaltim Electric Power (KEP) milik Jawa Pos Group dengan Pemprov Kaltim melalui Perusda Kelistrikan Kaltim.

Setelah memasuki satu tahun beroperasi sejak Desember 2008 lalu, PLTU mendapatkan jatah cuti selama sebulan untuk masing-masing unit. Pada awal November, unit 2 PLTU lebih awal istirahat. Kekurangan-kekurangan yang terjadi dan ditemukan selama setahun berjalan akan dilakukan perbaikan.

Bulan berikutnya atau Desember bergantian unit 1 yang akan mendapat giliran cuti. "Praktis selama November-Desember, kapasitas produksi PLTU menurun setengahnya. Sementara pasokan listrik yang masuk ke Sistem Mahakam, rata-rata 40 megawatt atau 40 ribu kilowatt per jam. Ini sama dengan 40 ribu rumah dengan asumsi satu rumah 1.000 watt. Bisa dikatakan bila satu unit 1x25 megawatt tak beroperasi, maka akan berkurang 20 ribu rumah," beber Direktur Teknik PT CFK Abdurrahman Chered.

Cuti tahunan akan dimulai 5 November sampai 31 Desember 2009. "Kami akan lakukan pemeriksaan seluruhnya. Ada pemeliharaan, ada juga perbaikan. Utamanya pemeriksaan turbin dan boiler," ujarnya.

Kendala-kendala yang dihadapi selama beroperasi, termasuk pipa yang bocor juga diperbaiki dalam inspeksi besar ini.

"Selama beroperasi, ada beberapa ditemukan pipa bocor tapi bisa ditangani sementara dalam waktu pendek. Nah, pada cuti inilah, kalau ada yang harus diganti, maka akan diganti," katanya. "Tim yang akan melakukan pemeriksaan adalah mitra PT CFK, yakni tim Pembangkit Jawa Bali Service, yang merupakan anak perusahaan PLN," sambungnya.
 
NEWS SEKTOR ELECTRICITY LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (19-04-2014) : 226
JUDUL TENDER (19-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com