LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Infokom
  Protelindo himpun dana Rp 7,2 T
Keuangan
  Sulsel butuh investasi Rp 60 T
Medical
  Kimia Farma ekspansi ke Malaysia Rp 200 M
Agriculture
  Cadangan beras ditargetkan 1 Juta Ton
Oil & gas
  PGN Akan Tuntaskan Proyek Pipa Kalija 2015
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Fri, 11/09/2009
Pembangunan pelabuhan Parit Rampak rampung
Marine transportation


Rampungnya pembangunan Pelabuhan Parit Rampak di Tanjungbalai Karimun diharapkan akan mendorong laju pertumbuhan perekonomian di wilayah ini karena sebelumnya arus bongkar muat barang hanya dilakukan di Pelabuhan Bom Pendek.

Masuknya Karimun dalam kawasan free trade zone (FTZ) diharapkan akan memacu pertumbuhan ekonomi daerah ini sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya dioperasikannya Pelabuhan Parit Rampak, bongkar muat barang di daerah ini dilakukan di pelabuhan domestik Bom Pendek. Pelabuhan Bom Pendek bersebelahan dengan pelabuhan penumpang. Sedangkan letak Pelabuhan Parit Rampak berada sekitar 12 kilometer di luar kota Tanjungbalai Karimun.

Adapun terminal penumpang domestik setiap harinya melayani kapal - kapal feri cepat antara lain KM Mikonatalia, KM. Dumai Express, KM. Batam Jet, KM. Batam Line, KM. Penaga Ocean, KM. Zone 2000, KM. Marina Batam 1, KM. Sun Rico dan KM. Kelud Pelni.

Sementara itu, Terminal Feri Internasional Tanjung Balai Karimun melayani kedatangan dan keberangkatan penumpang dari dan ke Malaysia serta Singapura. Adapun kapal - kapal yang melayani trayek Tanjungbalai Karimun - Kukup (Malaysia) di antaranya adalah KM Marina Batam 5 dan Marina Batam 7, KM. Ocean Indoma, KM Senang Express dan KM Zon.

"Setiap hari keberangkatan dan kedatangan kapal dari dan ke Malaysia tercatat sebanyak 9 kali (Senin sampai Jumat), dan untuk hari Sabtu dan Minggu sebanyak 12 kali.

Rata-rata penumpang setiap kapal mencapai 60 orang. Adapun kapal-kapal Karimun - Singapura adalah KM Penguin dan KM. Falcon," kata Johny Siahaan, Manager Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

Selain pelabuhan umum dan pelabuhan penumpang, di wilayah kerja Pelabuhan I Cabang Tanjungbalai Karimun terdapat sejumlah pelabuhan khusus. Di antaranya adalah pelabuhan khusus PT Pacific Granitama yang berlokasi di desa Pangke kecamatan Meral Tanjung Balai Karimun. Pelabuhan khusus ini merupakan pelabuhan jeti mendukung kegiatan pembuatan batu granit yang sebagian besar hasil olahannya diekspor ke Singapura.

Selain itu terdapat pula pelabuhan khusus PT Bukit Alam Persada (BAP) yang berlokasi di Jl. Pantai Pelawan desa Pangke kecamatan Meral, bersebelahan dengan PT Saipem Indonesia.

Juga terdapat sejumlah pelabuhan khusus milik perusahaan yang digunakan untuk memuat batu granit ekspor ke Singapura. Yakni pelabuhan khusus milik PT Trimegah Perkasa kecamatan Meral, pelabuhan milik PT. Kawasan Dinamika Harmonika (KDH) di desa Sememal Pasir Panjang, pelabuhan khusus PT Wira Penta Kencana (WPK) di Teluk Lekop Kecamatan Tebing Tg balai Karimun, pelabuhan khusus PT Bukit Granit Mining Mandiri (BGMM) ini, berlokasi di Jalan Teluk Lukup Monos, Tebing, dan pelabuhan khusus milik PT Bukit Granit Mining Mandiri.

Selain itu di wilayah kerja Pelabuhan I cabang Tanjungbalai Karimun terdapat pula dua perusahaan galangan kapal, yaitu PT Karimun Sembawang Shipyard (KSS) dan PT Saipem Indonesia.

PT Saipem Indonesia, merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang galangan fabrikasi kapal. Khususnya untuk anjungan lepas pantai yang produknya terdiri atas jackets, topsides dan FPSO. PT Saipem yang berpusat di Italia, melakukan ekspansi di Indonesia dengan mendirikan PT Saipem Indonesia di Karimun.

Dengan dibangunnya galangan fabrikasi di Karimun, kini Saipem Group memiliki 8 buah galangan fabrikasi di berbagai negara. 7 perusahaan sudah ada lebih dahulu, yaitu galanagan di Italia, Negeria, Angola, Republik Congo, Kazashtan, Azerbaijan dan Emirat Arab.
 
NEWS SEKTOR MARINE TRANSPORTATION LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (23-04-2014) : 511
JUDUL TENDER (23-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com