LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Electricity
  PLN beli listrik Sarula US$ 6,79 Sen per kWh
Electricity
  Proyek PLTU Batang Rp 38 Triliun terhambat pembebasan lahan
Keuangan
  Anggaran pemeliharaan irigasi minim
Agriculture
  Pupuk Kaltim dapat order NPK dari Astra Agro
Properti
  Total Targetkan Pertumbuhan Moderat Tahun ini
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Fri, 10/07/2009
Pengawasan IPAL industri manufaktur
Infrastructure

(Sumatera Utara) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Medan mulai mempersoalkan banyaknya industri pengolahan (manufaktur) yang tidak memiliki instalasi pengolahan air limbah. Pasalnya, pada kondisi tertentu limbah dari industri ini sangat berbahaya dan dapat merusak lingkungan. Untuk itu, keberadaan industri pengolahan ini akan menjadi fokus pengawasan.

"Setelah rumah sakit, industri manufaktur juga akan kami awasi secara ketat. Dengan demikian ke depan semua industri yang sudah masuk batas kemampuan memiliki IPAL,"kata Kepala BLH Kota Medan Purnama Dewi.

Industri yang sudah memiliki IPAL antara lain PT Growth Sumatera, PT Musim Mas, PT Agro Jaya Perdana, dan PT Sumatera Industri Cat.

Dia menambahkan dalam pengawasan ini, pihaknya juga akan memperhatikan ketentuan dan dampak yang disebabkan sebuah industri, sehingga bisa diketahui apakah industri dimaksud termasuk wajib IPAL atau tidak. Kriteria tersebut antara lain luas areal, jumlah produksi, tingkat pencemaran, limbah yang dihasilkan, serta lokasi pabrik.

Selain industri pengolahan, BLH juga mengawasi IPAL hotel berbintang di Kota Medan. Kondisi ini juga tidak lepas banyaknya hotel yang belum memiliki IPAL. Sementara untuk hotel - hotel kecil akan dilakukan kajian mendalam terakit kewajiban IPAL tersebut.

Sementara itu IPAL untuk rumah sakit (RS) adalah sesuatu yang wajib dan tidak bisa ditawarkan lagi. Untuk itu, pendirian RS Sakit baru tidak akan diperbolehkan lagi tanpa ada IPAL setelah dilakukan kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)-nya.

"Kalau RS sudah harus ada, kalau RS-nya sudah berdiri sebelum tahun 2006, maka sudah kami peringati. Hingga saat ini masih ada delapan RS yang diberikan waktu hingga akhir Juli ini, "tegasnya.

 
NEWS SEKTOR INFRASTRUCTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (17-04-2014) : 8
JUDUL TENDER (17-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com