LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Properti
  Kuningan City siap akhir 2011
Oil & gas
  Pemerintah minta harga gas Donggi Senoro untuk PLN dan industri pupuk
Infrastructure
  Renovasi toilet DPR dianggap pemborosan
Infrastructure
  Jateng siap bangun 6 Ribu rumah
Manufaktur
  Pabrik Kaltim nitrat mulai beroperasi
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Wed, 21/08/2013
Tim gabungan garap masterplan monorel Bandung Raya
Land transportation

(Jawa Barat) Penyusunan masterplan dan studi kelayakan proyek monorel Bandung Raya akan digarap oleh tim gabungan yang juga melibatkan perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas di Beijing,  China. 

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan pelibatan perguruan tinggi itu adalah hasil kesepakatan antara Pemprov Jawa Barat dan China National Machinery Import and Export Corporation (CMC) dalam proyek monorel Bandung Raya.  

"Pemprov dan China juga sudah membentuk tim yang akan bertemu pekan ini.  ITB ditunjuk sebagai kampus pendukung,  karena memiliki ahli di bidang transportasi dan teknologi," katanya.  

Dia menjelaskan saat ini masing-masing tim sudah merumuskan sejumlah bahan untuk masterplan transportasi Bandung Raya dan sub masterplan studi kelayakan monorel, ketika kedua pihak menunjukkan sudah siap bekerja.  

Tim gabungan memiliki waktu satu tahun untuk menutaskan masterplan dan studi kelayakan,  sebelum proyek fisik berjalan.  Menurutnya,  pembahasan akan bersifat maraton dan saling terkait.  

"Dalam komunikasi (dengan China) tahap awal provinsi berada di depan,  tetapi ketika bicara detil teknis monorel,  justru kabupaten/kota harus lebih aktif," tegasnya.  

Sementara itu,  Direktur Utama Panghegar Group Cecep Rukmana sebagai mitra lokal CMC mengatakan pihaknya menggandeng Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar dan akademisi dalam penyusunan masterplan dan studi kelayakan tersebut.  

"Penyusunan masterplan memerlukan waktu hingga setahun,  sedangkan studi kelayakan diperkirakan selesai dalam waktu 6 bulan," katanya.  

Dalam skema awal,  monorel akan menempuh beberapa rute di antaranya Bandung-Jatinangor,  Bandung-Soreang,  Bandung-Padalarang,  dan Bandung-Lembang.  Selain itu,  untuk dalam Kota Bandung,  disiapkan koridor Dago-Buahbatu-Leuwipanjang.  

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Deddy Taufik menambahkan tim Pemprov Jabar saat ini perlu menentukan prioritas rute monorel,  apakah akan dimulai dari arah timur ke barat,  atau dari selatan memutar menjadi sebuah moda komuter,  melalui penilaian sejumlah ahli.  

Menurutnya,  apabila pihak China tidak membebani pemerintah Jabar dengan anggaran,  Dishub akan merancang subsidi bagi penumpang monorel.  

Pihaknya berharap proyek ini tidak bentrok dengan rencana Pemerintah Kota Bandung yang akan membangun MRT. "Kita akan sinergikan.  Intinya,  pemerintah di sini harus mendukung agar investor nyaman," katanya.  

Untuk mendapatkan info detail ratusan proyek setiap hari,  anda dapat mendaftar menjadi member (PREMIUM dan GOLD). 
 
NEWS SEKTOR LAND TRANSPORTATION LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (17-04-2014) : 540
JUDUL TENDER (17-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com