LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Marine transportation
  Proyek pengembangan empat pelabuhan segera ditenderkan
Oil & gas
  Tahun ini, Blue Bird akan mulai pakai BBG
Mining
  26 Perusahaan kontrak batubara tunda produksi
Heavy equipment
  Samindo gali US$ 20 Juta
Infrastructure
  Stop proyek Hambalang
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Fri, 03/08/2012
PT Prisma Karun Energy bangun PLTM kapasitas 2x3,3 MW
Electricity


(Sulawesi Selatan) PT Prisma Karun Energy akan membangun Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro (PLTM) berkapasitas 2x3,3 megawatt (MW),  dengan investasi sekitar Rp 100 miliar di Desa Datara,  Kecamatan Tompobulu,  Kabupaten Gowa,  Sulsel.   

Direktur Utama PT Prisma Karun Energy Sera Edy mengatakan,  proyek tersebut akan mulai dikerjakan pada 2 Agustus 2013,  dan direncanakan rampung pada 2 Agustus 2015.
   

"Saat ini,  kami akan mulai melakukan pekerjaan tahap awal,  yaitu pembebasan lahan," ujar Sera Edy.   


Menurutnya,  penandatanganan PPTL proyek yang akan menggunakan teknologi Jerman tersebut berlaku selama 15 tahun.
   

Katanya,  ini adalah proyek pertama yang akan dikerjakan di negara ini,  dengan menggandeng investor dari Malaysia.  Dipilihnya Sulsel,  khususnya Gowa sebagai lokasi proyek,  karena melihat potensi wilayah ini yang masih cukup bagus.  Serta bisa menyerap 100%,  daya listrik yang akan dihasilkan.   

General Manager PT PLN Wilayah Sulselrabar Zulkifli Abdullah Puteh menuturkan,  kehadiran PLTM Datara di atas lahan seluas 10 hektar tersebut sebagai upaya meningkatkan pasokan listrik utamanya di Sulsel.   

"Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No 4 Tahun 2012,  daya listrik yang dihasilkan akan dibeli PLN seharga Rp 787 per kWh,  dengan masa perjanjian berlaku selama kurun waktu 15 tahun.  Tapi dapat diperpanjang,  sesuai kesepakatan kedua belah pihak," papar Zulkifli.
   

Daya listrik yang dibeli tersebut menurutnya,  akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan energi listrik melalui Jaringan Udara Tegangan Menengah (JUTM) 20 KV.  PLTM Datara sendiri menggunakan dua turbin,  dengan daya mampu masing-masing 3,3 MW.
   

Dengan pembelian tersebut,  apabila terealisir dan berjalan tepat waktu,  maka pihaknya memprediksi dapat menghemat biaya operasional untuk bahan bakar minyak (BBM) setara dengan Rp 11 miliar per bulan.  Atau menghemat biaya solar Rp 1.700 per kWh.
   

Dia menambahkan,  hingga 2015 nanti pihaknya akan ketambahan 40 MW daya listrik dari sembilan perusahaan PLTM a.l,  PT Anoa Hydro Power,  PT USU,  PT Siteba,  dan PT Hadji La Tunrung.
   

Daya listrik 40 MW tersebut,  akan masuk ke sistem PLN Sulselrabar secara bertahap sampai dengan 2015.  Saat ini lanjutnya,  sudah masuk sekitar 20 MW yaitu dari PLTM Tangka Manipi 10 MW,  PLTM Malea,  Toraja 7 MW,  PLTM Rante Bala 2,4 MW,  dan PLTM Mappung,  Gowa 290 kWh.
  

Untuk mendapatkan info detail ratusan proyek setiap hari,  anda dapat mendaftar menjadi member (PREMIUM dan GOLD).   
 
NEWS SEKTOR ELECTRICITY LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (24-04-2014) : 512
JUDUL TENDER (24-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com