LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Infrastructure
  PT KA kucurkan Rp 3,9 Miliar
Infrastructure
  Proyek Selat Sunda tak ada dana APBN
Properti
  Bosowa Akan Mulai Bidik Bisnis Perhotelan
Manufaktur
  Honda teruskan investasi Rp 3,1 Triliun
Infokom
  STP berencana akuisisi 10 Ribu menara BTS
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Fri, 24/02/2012
PLN teken kontrak pembangkit mikro hidro 250 MW
Electricity


(Jawa Barat) Selama dua tahun terakhir,  PT PLN (Persero) telah meneken jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) dengan total kapasitas 250 mewagatt.    

"PLTMH tersebut tersebar di 130 lokasi di seluruh Indonesia," kata Direktur Pengadaan Strategis PLN Bagiyo Riyawan.
  

Beberapa dari proyek PLTMH tersebut sudah mulai konstruksi.  Sementara itu,  beberapa proyek lainnya diperkirakan sudah mulai beroperasi tahun depan.  Tahun lalu,  jumlah PLTMH yang beroperasi mencapai 60 MW,  sedangkan yang konstruksi 150 MW.
   

Menurut data Kementerian ESDM,  potensi tenaga air tersebar hampir di seluruh Indonesia dan diperkirakan mencapai 75 ribu MW,  sementara pemanfaatannya baru sekitar 6% dari potensi yang ada.
    

Kepala Divisi Energi Terbarukan PLN Mohammad Sofyan mengatakan,  PLN juga akan meningkatkan kapasitas PLTA miliknya.  Target perseroan,  hingga 2025 nanti listrik dari PLTA dipatok mencapai 12 ribu MW.   "Dari jumlah itu,  sebanyak 65% akan digarap oleh PLN.  Sementara sisanya akan diserahkan ke swasta," kata dia.
   

Peningkatan kapasitas PLTA akan dilakukan secara bertahap.  Setrum dari PLTA sekarang baru berkisar 4 ribu MW.  Jumlah ini akan meningkat menjadi 10 ribu MW pada 2020 dan mencapai 12 ribu MW pada 2025.   Sehingga,  pada 2020 pembangkit air akan memperoleh porsi 12,5% dalam bauran energi.  "Kapasitas PLTA memang bertambah,  begitu juga pertumbuhan kebutuhan listrik.   Pada 2020 nanti kita perkirakan kebutuhan sudah mencapai 80 ribu MW," jelas dia.
   

Hingga 2015 nanti,  PLN masih mengandalkan pembangkit batubara.   Pembangkit energi terbarukan baru berperan signifikan dalam periode 2016-2029.
    

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.    
 
NEWS SEKTOR ELECTRICITY LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (25-04-2014) : 20
JUDUL TENDER (25-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com