LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Oil & gas
  Chevron habiskan US$ 160 Juta untuk injeksi lapangan tua
Infrastructure
  Konstruksi JORR W2 Kebon Jeruk-Ulujami sudah 30%
Oil & gas
  Pertamina EP sediakan capex Rp 12,3 Triliun
Oil & gas
  Proyek South Mahakam Total Indonesie masuk fase kedua
Properti
  2 Kluster CitraLand Surabaya diluncurkan
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Thu, 09/02/2012
Proyek pengembangan bandara Soekarno-Hatta mulai digarap
Air transportation


PT Angkasa Pura II mulai garap proyek pengembangan Bandara Soekarno-Hatta yang menelan Rp 11,7 triliun diawali pelebaran akses utama menuju terminal penumpang.   

"Kami saat ini mulai menggarap proyek pengembangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sesuai Grand Design, " kata Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Tri S. Sunoko.   

Tri menjelaskan pengerjaan proyek Bandara Soekarno-Hatta yang dianggarkan Rp 11,7 triliun diawali pekerjaan fisik tahap awal yakni pelebaran akses utama (P1 dan P2) dari menuju terminal penumpang,  penambahan apron, membuat high speed rapid exit taxyway,  serta menambah kapasitas boarding lounge Terminal 1A dan 1B.   

Tri menjelaskan pengerjaan ini adalah bagian dari program jangka pendek perealisasian grand design yang dilakukan pada  2011 dan 2012,  yaitu membangun sarana-sarana penunjang pelaksanaan pengembangan Soekarno-Hatta.  

Pada tahun ini,  Tri melanjutkan,  pekerjaan fisik lain yang tengah dilakukan perseroan adalah menambah badan jalan dari dua lajur menjadi tiga lajur sepanjang 5,5 kilometer (km).  Disusul pekerjaan persiapan yang meliputi pembangunan basecamp,  pembuatan jalan akses proyek,  pembuatan area parkir sementara, serta pembangunan fasilitas pengganti.   

"Selain itu pembangunan fisik terminal kargo,  pembangunan area komersial dan integrated building,  serta east connection cross taxiway juga dijadwalkan untuk dilakukan 2012 ini.  Groundbreaking (pemancangan batu pertama) pembangunan pada Juni 2012.  Kami akan membangun Terminal 3 penumpang, runway (landasan pacu) ketiga, terminal kargo, dan lainnya," jelas Tri.   

Menurutnya,  prosesi groundbreaking tersebut akan ditandai dengan pembangunan fisik bangunan Terminal 3. Program pengembangan terminal tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak 2011,  yaitu dengan membuat apron baru seluas 72.896 meter persegi (m2) dan selesai pada akhir Desember 2011.   

"Sekarang apron Terminal 3 mampu menampung hingga 20 pesawat sejenis Boeing 737 series untuk parkir," tambahnya.   

Pengembangan Soekarno-Hatta tersebut adalah bagian dari program jangka pendek perealisasian grand design yang dilakukan perseroan pada tahun 2011 dan 2012, yaitu membangun sarana-sarana penunjang pelaksanaan pengembangan Soekarno-Hatta.   

"Bisa dikatakan,  ini program pendahuluan atau persiapan sebelum pengembangan infrastruktur jangka panjang secara total dilakukan," ungkap Tri.   

Pengembangan infrastruktur tahap jangka panjang yang dimaksudkan adalah melakukan optimalisasi dua landasan pacu dan revitalisasi tiga bangunan terminal penumpang yang ada untuk meningkatkan kapasitas baik pergerakan pesawat maupun penumpang.  Optimalisasi landasan pacu akan mendongkrak kemampuan pelayanan sisi udara dari 52 pergerakan per jam menjadi 72 pergerakan per jam.   

Langkah-langkah yang dilakukan adalah membuat high speed exit taxiway dan taxiway penghubung (east cross connection taxiway) antara Runway 1 dan Runway 2 pada sisi timur bandara.  Kemudian untuk meningkatkan kapasitas parkir dari 125 pesawat menjadi 174 pesawat,  dilakukan pembangunan apron tambahan.   

Angkasa Pura II merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola sebanyak 12 bandar udara utama di kawasan Indonesia bagian barat,  yaitu Soekarno-Hatta (Tangerang),  Halim Perdana Kusuma (Jakarta),  Husein Sastranegara (Bandung),  Polonia (Medan),  Supadio (Pontianak),  Minangkabau (Padang),  Sultan Mahmud Badarudin II (Palembang),  Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru),  Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang),  Sultan Iskandar Muda (Aceh), Sultan Thaha (Jambi),  serta Depati Amir (Pangkal Pinang).    

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.   
 
NEWS SEKTOR AIR TRANSPORTATION LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (23-04-2014) : 511
JUDUL TENDER (23-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com