LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Marine transportation
  Timah investasi lima kapal Rp 150 Miliar
Mining
  Tiga alat berat disegel
Land transportation
  Akhir tahun ini, Transjakarta melintasi Bekasi
Infokom
  2.300 Kecamatan dilayani internet
Properti
  Kemenpera Targetkan Bangun Rusunawa 360 Blok
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Thu, 29/12/2011
Pabrik pengolah sawit Sei Mangkei dibangun Januari 2012
Agriculture


Pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit di kawasan industri Sei Mangkei,  Sumatera Utara,  akan dimulai Januari 2012.   Investasi pembangunan kawasan ini mencapai Rp 5 triliun.   Demikian disampaikan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.     

Kawasan industri Sei Mangkei merupakan proyek dengan kepemilikan bersama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III dengan investor strategis asal Jerman,  PT Ferrostaal Indonesia.     

"Akhir Januari sudah dimulai pembangunan pabrik senilai Rp 5 triliun.  Sudah tanda tangan perjanjian dengan Ferrostaal oleh PTPN III," ucapnya.        

Dahlan menambahkan,  di awal sempat ada keraguan atas Ferrostaal mengingat kondisi krisis Eropa yang belum pulih.   Namun,  setelah dilakukan pengecekan,  tidak ada kendala apapun dan proyek kerja sama ini tetap jalan.     

Dalam investasi ini,  PTPN III diharuskan menyetor dana tunai sebagai modal sebesar Rp 500 miliar.  Selebihnya didapat dari pinjaman perbankan.   Namun,  Dahlan enggan menyebutkan pihak yang memberi pinjaman tersebut.     

"PTPN dapat 30% saham.  Ada juga setoran tunai 10% dari investasi berarti Rp 500 miliar.  Selebihnya pinjaman," tutur Dahlan.      

Menurutnya,  pembangunan pabrik tahap I akan selesai Juli 2013.  Pabrik ini mampu mengolah kelapa sawit sebanyak 1,4 juta ton per tahun.   Bahan baku harus disediakan PTPN III.   Namun sayangnya,  produksi perseroan hingga kini hanya 600 ribu ton.   Hingga terdapat kekurangan 800 ribu ton sawit lagi.       


Dahlan pun menyampaikan,  sisa kebutuhan produksi bahan baku akan didapat dari BUMN perkebunan lain,  PTPN IV,  selain dari perkebunan di sekitarnya.   Dahlan bahkan sudah mendapat komitmen pasokan dari Direktur Utama PTPN IV.       

"Saya sudah bicara dengan Dirut PTPN IV.   Sawit mereka luas sekali.   Yang sisi selatan,  Simalungun kira-kira 400 (ribu ton) untuk pabrik.   Karena hasil sawit dari Simalungun,  kalau kirim ke Belawan jauh.   Biaya angkutnya mahal," imbuhnya.        

Disaat bersamaan,  Dahlan juga mendorong Pelindo I menyediakan infrastruktur pelabuhan sawit di Kuala Tanjung.  "Ini harus hadir (jadi) juga pada Juli 2013,  di Asahan,  dekat Innalum," pungkasnya.      

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.     
 
NEWS SEKTOR AGRICULTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (23-04-2014) : 511
JUDUL TENDER (23-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com