LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Info tender
  168 tender proyek
Electricity
  Pemkab tak dilibatkan tangani PLTA Kapiraya
Land transportation
  PT KAI optimistis jalur ganda pantura rampung Agustus
Agriculture
  Astra Agro akan membuka kebun sawit 10.000 hektare
Land transportation
  Komuter Lawang-Kepanjen belum bisa beroperasi pada Lebaran
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Wed, 26/10/2011
Proyek Leuwigoong terancam molor
Infrastructure

(Jawa Barat) Pembangunan megaproyek Bendung Leuwigoong di Kabupaten Garut,  Jawa Barat,  terancam molor.   Soalnya,  hingga saat ini pemerintah belum dapat membebaskan lahan untuk jaringan sekunder yang akan mengairi sawah warga.   "Lahan yang belum dibebaskan sekitar 40 hektare lagi," ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.         

Menurut dia,  dana yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan tersebut Rp 40 miliar.   Dana itu rencananya akan ditanggung secara gotong-royong oleh pemerintah pusat,  provinsi,  dan Pemerintah Kabupaten Garut.         

Djoko berjanji bendung ini akan rampung pada 2013.  Anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 330 miliar,  yang sebagian besar bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara.   Dana itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan bendung Rp 130 miliar,  pembuatan jaringan sekunder Rp 160 miliar,  dan pembebasan lahan Rp 40 miliar.           

Bendung ini akan menampung air dari aliran Sungai Cimanuk.   Kapasitasnya mencapai 10 ribu meter kubik.  Rencananya saluran irigasi ini akan mengairi sekitar 5.000 area persawahan warga yang tersebar di 11 kecamatan,  yang meliputi 48 desa di wilayah Garut Utara.  "Insya Allah,  lahan yang 5.000 hektare ini minimum setahun bisa panen dua kali," ujar Djoko.
            

Bupati Garut Aceng H.M.Fikri mengaku lambatnya pembebasan lahan ini terjadi karena anggaran daerah tidak mampu menutupi biaya pembebasan lahan.   Lahan yang belum dibebaskan mulai Kecamatan Garut Kota hingga Kecamatan Cibatu.  "Tahun ini kita tidak bisa menganggarkan,  paling tahun besok.   Itu juga paling besar Rp 2 miliar," ujarnya.      

Menurut dia,  pengoperasian bendung ini masih akan menghadapi kendala dari ketersediaan air.   Soalnya,  sejumlah kawasan di hulu Sungai Cimanuk dalam kondisi rusak.  "Kita akan terus memperbaiki daerah resapan hulu yang rusak agar ketersediaan airnya tetap terjaga," ujarnya.         

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.         
 
NEWS SEKTOR INFRASTRUCTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (19-04-2014) : 8
JUDUL TENDER (19-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com