LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 


 


 


 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Electricity
  80% pendanaan PLN untuk 10.000 MW tahap II aman
Properti
  Bakrieland akan bangun Kota Mandiri di Sidoarjo
Keuangan
  Logistik unas boros Rp 7,2 M
Mining
  PTRO dan Santan Batubara meneken kontrak US$ 399 Juta
Geothermal
  Indonesia menawarkan proyek listrik panas bumi ke China
 
 


 




 
 






BREAKING NEWS
Fri, 05/08/2011
Perpres proyek jembatan Selat Sunda segera terbit
Infrastructure


Pemerintah menargetkan Peraturan Presiden mengenai pelaksanaan proyek Jembatan Selat Sunda dapat diterbitkan bulan depan,  menyusul target ground breaking proyek tersebut pada 2014.         

Deputi Mentri Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Luky Eko Wuryanto mengatakan draft isian perpres tersebut sudah diserahkan Kemenko pada Setkab,  sehingga penerbitannya tinggal menunggu penetapan dari Presiden.          

Dia menjelaskan Perpres tersebut ditujukan untuk mengatur pelaksanaan proyek dan pengembangan kawasan di sekitar Jembatan nantinya.   Pasalnya,  kawasan tersebut nantinya akan dikembangkan untuk menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Kawasan Banten dan Lampung.         

"Kami targetkan dalam satu bulan ini Perpres sudah dapat diterbitkan.   Karena draftnya sendiri sudah diserahkan dari Kemenko ke Setkab," ujar Luky.     

Setelah Perpres diterbitkan,  proses persiapan pelaksanaan proyek diharapkan bisa segera dimulai.   Begitu pun,  katanya,  pelaksanaan feasibilty study dan juga analisis mengenai dampak lingkungan di sekitar rencana proyek.        

Proses FS direncanakan berjalan selama 27 bulan dengan anggaran sekitar Rp 1 triliun hingga Rp 1,5 triliun,  nantinya investor pemenang yang melakukan kajian FS akan bergabung bersama investor atau konsorsium lain dalam proses pembangunan fisik.            

Dia juga berharap rencana pelaksanaan groundbreaking tidak meleset dari rencana awal yakni pada 2014,  sehingga saat ini diperlukan percepatan dari seluruh pihak terkait,  baik pemerintah pusat,  dan pemerintah daerah.             

Isian dari Perpres tersebut mengenai Pengembangan Kawasan Strategis Jembatan Selat Sunda.   Substansinya,  katanya,  mengatur tentang pembentukan badan usaha sekaligus mekanisme pencarian investor,  kontraktor dan konsultan untuk proyek pemerintah.         

Rinciannya yakni Pertama,  mengenai susunan organisasi,  dewan pengarah dan badan pelaksana.    

Kedua,  pembentukan konsorsium Banten-Lampung,  dan badan usaha kawasan strategis dan infrastruktur Selat Sunda serta tata cara pengadaan mitra.         

Ketiga,  dukungan dan jaminan pemerintah terkait dengan kontribusi fiskal dan nonfiskal.           

Sebelumnya,  pemerintah sudah membentuk Badan Usaha Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda (BUKSISS) yang terdiri dari beberapa badan usaha milik daerah (BUMD) Provinsi Banten dan Provinsi Lampung.                  

Proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda merupakan salah satu dari proyek kerja sama pemerintah dengan swasta yang ditawarkan dalam PPP Book plan Bappenas.   Proyek senilai kurang lebih Rp 250 triliun yang menghubungkan Lampung dan Banten,  itu akan dibangun dari Pelabuhan Merak-Banten menuju Bakauheni,  Lampung,  dengan panjang mencapai 30 km.   Rencananya,  jembatan ini juga akan dilengkapi dengan jalur kereta api di bagian bawah.       

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.        
 
NEWS SEKTOR INFRASTRUCTURE LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (24-04-2014) : 512
JUDUL TENDER (24-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 


 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com