LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Agriculture
  Pabrik Sumalindo ditargetkan beroperasi kembali September
Mining
  Kalimantan pasok 87% kebutuhan batubara untuk PLTU
Marine transportation
  TNI AL jajaki galangan kapal Eropa
Infrastructure
  Bangun tanggul untuk atasi banjir
Infrastructure
  Awal 2014, proyek jalan arteri Sulbar diresmikan
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Mon, 18/07/2011
Pemerintah mulai tender proyek bandar dan pelabuhan UPT
Air transportation

Pemerintah akan membuka bandar udara,  pelabuhan dan pelabuhan penyeberangan yang masih berbentuk unit pelaksana teknis (UPT) untuk investor umum dengan menggelar tender terbuka.       

"Kami masih membuat satu strategi yang pas.   Kita buka seluas-luasnya pelabuhan,  bandara dan pelabuhan penyeberangan," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono.       

Bambang menambahkan untuk pelabuhan yang masih UPT,  akan menjadi badan usaha.   Itu juga berlaku dengan bandara UPT,  akan di tender operasionalnya,  terutama untuk terminal penumpang.       

Dia mencontohkan Pelabuhan Bajo untuk ke Pulau Komodo,  akan di tender.   "Agar pelayanan dan fasilitasnya bagus,  akan dikonteskan,  bentuknya public private partnership (PPP),  atau kerjasama pemerintah swasta.   Saat ini diidentifikasi UPT pelabuhan,  penyeberangan dan udara.   Udara mungkin lebuh cepat,  sedangkan penyeberangan memang semuanya masih belum ada yang dibuka," kata Wamen.    

Dia menanbahkan pembukaan pelabuhan,  bandara dan penyeberangan ini untuk menyambut program Asean Connectivity,  sehingga harus berbenah.   Namun dengan adanya konektivitas antar negara Asean yang berarti setiap negara anggota Asean bisa terhubung langsung,  jangan sampai merugikan negara.        

"Prinsipnya kita berdaya saing,  baik domestik maupun luar kita mampu.   Mungkin kita terapkan proteksi pada waktu tertentu,  tetapi tidak selamanya agar tidak terlena,  agar ada dorongan untuk kompetisi," kata dia.         

Bambang menambahkan untuk tender pelabuhan,  bandara dan penyeberangan UPT ini akan dikerjakan bersama antara Kemenhub dan Bappenas.   "Soal proses pengerjaanya,  akan ada tahapan,  tender bandara UPT,  pelabuhan,  maupun penyeberangan," tuturnya.       

Untuk penyeberangan,  lanjut Wamenhub,  akan ditender bersamaan sepaket dengan pembangunan dermaga dan pengadaan kapal ferry.   Keduanya tidak dapat dipisahkan.      

Kalau untuk bandara UPT,  tutur Bambang,  akan dilakukan secara parsial karena jumlahnya sangat banyak dan dipilih yang siap saja.   "Akan ada proses yakni market sounding dan identifikasi pada tahun ini,  yang akan dilepas pada tahun ini mungkin satu atau dua bandara UPT.     

Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub mencatat pada 2010,  jumlah bandar udara Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebanyak 208 bandar udara dengan perkiraan jumlah penumpang 20,8 juta orang.        

Bandar udara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I sebanyak 13 bandara dengan kapasitas 30,7 juta orang dan pergerakan penumpang sebanyak 49,24 juta orang.        

Jumlah bandar udara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II sebanyak 13 bandar udara dengan kapasitas 30,81 juta orang dan pergerakan penumpang sebanyak 62,21 juta orang.        

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.     
 
NEWS SEKTOR AIR TRANSPORTATION LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (19-04-2014) : 226
JUDUL TENDER (19-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com