LOGIN USER TENDER
Thousands of Tender Information
(Members only)
User Id :
Password :
Verification :
 
 

 

 

 
 
NEWS SEKTOR LAIN:
Agriculture
  ICE bangun pabrik bioetanol US$ 37 Juta
Info tender
  239 Tender proyek
Oil & gas
  Ministry Of Energy And Mineral Resources Republic Of Indonesia Directorate General Of Oil And Gas
Air transportation
  Citilink: Penerbangan nasional masih menjanjikan
Marine transportation
  Tanker nasional kalah tender
 
 

 


 
 




BREAKING NEWS
Wed, 18/05/2011
Pengembang PLTP minta jaminan sejak masa eksplorasi
Geothermal

Pengembang proyek pembangkit listrik panas bumi (PLTP) meminta pemerintah segera mengeluarkan surat penjaminan proyek sejak masa eksplorasi sehingga ada kepastian pembelian listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara  (Persero).    

Penasihat Asosiasi Panas Bumi Indonesia Surya Darma mengatakan penjaminan sejak masa eksplorasi akan memberikan kepastian kepada pengembang atas proyeknya.  Hal itu terutama menyangkut kepastian pembelian listrik yang diproduksi.
             

"Karena yang diminta pengembang itu jaminan pemerintah terhadap kemampuan pembayaran oleh PLN sesuai dengan kontrak,  sejak PPA (kontrak jual beli listrik) ditandatangani.   Jadi,  bukan berarti kalau eksplorasi gagal,  dibayar pembeli," jelas dia.      

Menurut dia,  kendati PLN merupakan badan usaha milik negara,  pihak bank membutuhkan jaminan untuk memastikan agar pihak pembeli listrik panas bumi tidak mengalami default.   Apalagi,  pengembangan proyek panas bumi itu baru bisa terlaksana setelah kontrak pembelian dengan PLN ditandatangani.      

Di sisi lain,  penyandang dana membutuhkan jaminan untuk keseluruh investasi mulai dari eksplorasi hingga masa kontruksi pembangkitan.      

"Peraturan Menkeu No 77/PMK.01/2011 menyatakan proyek-proyek swasta itu diberikan jaminan oleh pemerintah.   Sekarang yang diminta oleh pengembang,  jaminan itu dalam bentuk apa? Itu yang ditunggu," tutur Surya.      

Saat ini,  sedikitnya sudah ada 3 proyek PLTP berkapasitas total 470 MW yang masih menunggu surat jaminan pemerintah dengan skema penjaminan sejak masa eksplorasi.   Ketiga proyek tersebut,  yakni PLTP Muara Laboh,  Sumatra Barat berkapasitas 220 MW,  PLTP Rajabasa,  Lampung 220 MW,  dan Sokoria di Nusa Tenggara Timur berkapasitas 30 MW.      

Kepala Divisi Energi Baru dan Terbarukan PLN Mochammad Sofyan sebelumnya mengungkapkan skema penjaminan tersebut memang tidak tercantum dalam Permenkeu No 77/PMK.01/2011.   Aturan itu tentang Pedoman Pelaksanaan Penjaminan Kelayakan Usaha PLN untuk Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik dan/atau Transmisi dengan Menggunakan Energi Terbarukan,  Batu Bara,  dan Gas yang Dilakukan Melalui Kerja Sama dengan Pengembang Listrik Swasta.       

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.    
 
NEWS SEKTOR GEOTHERMAL LAINNYA :


INFO TENDER RELATED :
Jumlah Total Tender (16-04-2014) : 522
JUDUL TENDER (16-04-2014) :
Dapatkan ribuan informasi detail tender lainnya ...
 

 
All Rights Reserved Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com