OTHERS Corporate Social Responsibility :
 
  PERISAY
  \
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY


2020-02-24
Program CSR Biznet Beri Mooring Buoy Untuk Jaga Kelestarian Laut
Sebagai salah satu provider internet terbesar di Indonesia, Biznet terus menggalakkan banyak sekali program pelestarian lingkungan, khususnya di Bali, sebagai upaya ikut mendukung program kelestarian laut Nusantara.

Pelestarian lingkungan di area perairan di Pulau Bali dan sekitarnya ini dilakukan dengan  menyumbangkan 150 set mooring buoy, yang dibagikan kepada para pemilik kapal di wilayah cagar laut di kawasan perairan Tanjung Benoa, Sanur, Singaraja dan Padang Bai di Karang Asem.

Kegiatan CSR ini diharapkan dapat membantu mencegah aktivitas penambatan jangkar kapal pada terumbu karang secara sembarangan di wilayah perairan Bali. Kami memberikan mooring buoy kepada para pemilik kapal di beberapa lokasi di Bali yang telah kami pilih.

Mooring buoy menjadi salah satu alternatif mengurangi kerusakan pada terumbu karang. Pelampung ini merupakan sebuah alat yang mengapung dan berfungsi sebagai marka untuk menunjukkan perbedaan wilayah, atau marka untuk menjatuhkan jangkar dan sekaligus sebagai penunjuk untuk berlabuhnya sebuah kapal.

Upaya Biznet dalam hal ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat nelayan/pemilik kapal dengan menyediakan Mooring Buoy sehingga para pemilik kapal bisa menambatkan perahunya di tempat yang aman dan tidak mengganggu ekosistem.

Mooring Buoy ini untuk menggantikan jerigen atau plastik yang selama ini digunakan. Yang telah digunakan selama ini akan terkesan kotor seperti sampah. Menyadari hal ini, kami tak mau setengah-setengah. Setelah berinvestasi traktor untuk membersihkan pantai, kami tergerak untuk menyediakan buoy ini, agar para nelayan tak membuang jangkar ke laut lagi.

Program Biznet Mooring Buoy merupakan program yang bertujuan untuk menyelamatkan ekosistem laut dan pesisir pantai, terutama terumbu karang. Acara kick-start pembagian mooring buoy ini dilaksanakan di Pantai Tanjung Benoa Nusa Dua pada hari Rabu 12 Februari 2020 dengan pembagian 25 unit mooring buoy kepada dua operator wisata bahari di kawasan tersebut yakni Bayu Suta Water Sport dan Basuka.

Kami memulai program ini dengan melakukan pendataan kapal-kapal yang sering memasuki kawasan tertentu dimana mooring buoy akan ditambatkan lalu menyediakan prasarananya. Kami juga mengharapkan dalam kelanjutannya, akan terbentuk group pengguna mooring buoy yang melibatkan pemerintah setempat dan pengelola kawasan seperti para pengelola wisata bahari dan paguyuban nelayan, dimana salah satu tugas dari grup ini adalah melakukan pendataan maupun perawatan mooring buoy yang telah Biznet sediakan.

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com